BANTUAN

Q.

Siapa yang dapat melakukan pendaftaran?

Yang dapat melakukan pendaftaran adalah warga yang terdaftar di database kependudukan Kota Surakarta dan berusia 17 tahun ke atas.

Q.

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran?

Nomor NIK dan Nomor HP yang Aktif.

Q.

Bagaimana cara melakukan pendaftaran?


Proses Pendaftaran:

Pendaftaran

  1. Buka halaman Pendaftaran Baru


  2. Masukkan NIK dan tulis ulang Kode Keamanan dan kemudian klik Daftar.
  3. Jika NIK terdaftar dan sesuai persyaratan maka akan tampil halaman Detail Pelapor / Sudah Aktif

Detail Pelapor

  1. Pastikan Nama Lengkap sudah sesuai atau benar.
  2. Isi alamat email atau nomor HP untuk pengiriman kode aktifasi kemudian klik Simpan.


  3. Jika proses kirim password berhasil maka akan tampil notifikasi berhasil. Selanjutnya klik Login Pelapor untuk masuk.

Login Pelapor

  1. Masukkan NIK dan Password pada form yang disediakan dan kemudian klik Masuk.


  2. Jika NIK dan Password benar, maka akan menuju halaman utama.

Finish

Proses Pendaftaran telah berhasil dilakukan.

Segera ganti password baru untuk keamanan akun Anda.


Q.

Bagaimana jika NIK saya tidak terdaftar?

Jika NIK tidak terdaftar cek kembali NIK pada KTP-el dan Kartu Keluarga dipastikan harus sama. Atau dapat langsung datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta untuk konfirmasi.

Q.

Bagaimana jika muncul peringatan NIK sudah terdaftar padahal saya belum pernah melakukan pendaftaran?

Silahkan datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta dengan membawa Asli KTP dan Kartu Keluarga untuk pengecekan dan konfirmasi data.

Q.

Apa itu pelapor?

Pelapor merupakan warga yang sudah berhasil melakukan pendaftaran dan akan melakukan pelaporan Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan lain-lain tergantung pelayananan yang disediakan.

Q.

Bagaimana mengubah dan melihat data saya (pelapor)?

Buka halaman Profil Pelapor nanti akan ditampilkan NIK, Nama Lengkap, Nomor HP dan Alamat Email. Data yang dapat dirubah adalah Nomor HP dan Alamat Email.

Q.

Siapa yang dapat melakukan pengajuan?

Yang dapat melakukan pengajuan adalah pelapor yang sudah terdaftar. Terkecuali untuk pengajuan Kedatangan dapat dilakukan tanpa harus terdaftar terlebih dahulu.

Q.

Bagaimana alur proses pengajuan sampai dokumen diterima?

Alur proses pengajuan sebagai berikut:
  1. Pelapor memilih data yang akan dilakukan pelaporan/pengajuan.
  2. Pelapor melengkapi data pelaporan
  3. Pelapor mengupload Data Dukung Pelaporan
  4. Pelapor melakukan Kirim Pelaporan
  5. Admin Pelayanan akan melalukan verifikasi dan memproses dokumen:
    1. Jika proses verifikasi ditolak/pending maka akan mendapatkan notifikasi penolakan. Silahkan lengkapi sesuai permintaan dan Kirim Ulang data pelaporan.
    2. Jika verifikasi disetujui maka akan dilanjutkan sampai ke pencetakan Dokumen dan Siap Diambil.
  6. Pelapor mendapatkan notifikasi dokumen siap diambil.
  7. Pelapor datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa data dukung.
  8. Pelapor mendapatkan Dokumen/Akta yang sudah diajukan.
@Dispenduk_solo dan/atau dukcapil_jateng
Jl. Jend. Sudirman No. 2 (Kompleks Balaikota), Surakarta

 

 

Versi 2.0
©2017. Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah